Selasa, 04 Mei 2010

Sekilas selam

Penyelaman Scuba (Scuba Diving) adalah merupakan aktivitas olah raga yang sangat aman bila dilakukan dengan prosedur yang benar dan sangat memperhatikan safety procedure. Tapi bila tidak, scuba diving bisa menjadi kegiatan yang beresiko tinggi baik bagi kesehatan maupun bagi keselamatan pribadi pelakunya.

Penyelaman scuba merupakan suatu kegiatan yang dilakukan di bawah permukaan air, dengan menggunakan peralatan Scuba (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Penyelaman Scuba dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan kedalaman yaitu :
a.) Penyelaman dangkal, yaitu penyelaman dengan kedalaman antara 5 -10 meter
b.) Penyelaman sedang, yaitu penyelaman dengan kedalaman antara 10 -30 meter
c.) Penyelaman dalam yaitu melakukan penyelaman lebih dari 30 meter

Jenis penyelaman berdasarkan tujuan yang hendak dicapai dapat dibedakan antara lain :
a). Penyelaman untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara antara lain :
- Penyelaman untukk tugas-tugas tempur.
- Search & Rescue (SAR) .
- Pemeriksaan dan Perbaikan dibawah air .
- Pengangkatan kapal tenggelam.

b). Penyelaman komersial (Commercial Diving).
Penyelaman ini dilakukan oleh penyelam profesional untuk kepentingan-kepentingan seperti konstruksi di bawah air, penambangan lepas pantai, pengangkatan kapal tenggelam dan lain-lain.

c). Penyelaman ilmiah ( Scientific Diving).
Penyelaman ini dilakukan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan bawah air, seperti : penelitian-penelitian, biologi laut, geologi, kedokteran, arkeologi dan ilmu-ilmu kelautan lainnya.

d). Penyelaman olah raga/ rekreasi ( Sport/ recreation Diving).
Penyelaman olah raga dilakukan untuk kepentingan kesehatan dan wisata bahari. Jenis penyelaman inilah yang cukup banyak diminati.

Penyelaman di bidang lainnya, seperti halnya penyelaman komersial dan penyelaman ilmiah masih sangat terbatas. Dan tak jarang pekerjaan dan proyek-proyek bawah air di Indonesia masih didominasi oleh penyelam- penyelam asing.

Manfaat lain penyelaman scuba adalah, seseorang penyelam dapat mengembangkan ilmu-ilmu kelautan sesuai dengan bidangnya seperti halnya dalam bidang arsitektur atau teknik sipil, dia dapat mengembangkan untuk membuat konstruksi-konstruksi atau penambangan lepas pantai(off shore). Dibidang kedokteran seorang penyelam dapat mengembangkan Hyperbarik ( fisika dan fisiologi penyelaman, serta medical aspek). Sedangkan untuk masyarakat ilmiah, penyelam dapat melakukan kegiatan penelitian-penelitian untuk mengembangkan dan mengungkapkan potensi sumberdaya hayati laut yang terdapat dalam suatu perairan, terutama ilmu biologi, geologi, arkeologi dan kelautan lainnya.

Dari uraian tersebut, penyelam selain dapat menyalurkan hobby dan kesenangan, ia pun dapat menjadi seorang penyelam yang profesional dengan mengembangkan profesinya sesuai dengan bidang ilmu yang disandangnya.

sumber: ANAKLAUT DIVING TEAM

1 komentar:

  1. tamabahan
    e). penyelaman profesi penyelaman profesi dilakukan sebagai pekerjaan, contohnya : tour guide, dive master, underwater fotografi dan lain-lain

    BalasHapus